Friday, July 18, 2008

Agar Adaptasi Berjalan Lancar

Jumat, 18 Juli 2008 | 10:38 WIB


Menjadi pendatang baru di sebuah kantor terkadang menimbulkan rasa cemas, sekaligus tertantang karena Anda harus beradaptasi lagi pada situasi baru. Apa saja yang harus dilakukan agar Anda mendapatkan kesan yang baik?

1. Kenali atmosfer kerja
Salah satu tugas penting bagi karyawan baru adalah mengenali budaya perusahaan dan atmosfer kerja di kantor baru. Anda bisa mencari tahu apa saja peraturan yang berlaku di sana, termasuk peraturan tidak tertulis, bagaimana cara berkomunikasi yang berlaku, apakah lewat email atau bicara langsung dengan atasan? Apakah pekerjaan biasa dibawa pulang? Bolehkah makan di meja? dan sebagainya. Makin lama Anda beradaptasi, makin lama pula Anda menyandang predikat si anak baru.

2. Jangan malu bertanya
Miliki kepercayaan diri. Jangan takut mengajukan pertanyaan karena tak ingin dicap tak tahu apa-apa. Justru malu bertanya bisa menghambat kemajuan karir. Karena sok tahu Anda bisa membuat kesimpulan yang salah tentang pekerjaan. Pada minggu pertama bekerja, ajukan pertanyaan-pertanyaan mengenai tanggung jawab, target, serta prioritas pekerjaan Anda. Cari juga informasi mengenai evaluasi kerja yang berlaku di perusahaan itu.

3. Proaktif
Perusahaan merekrut Anda tentu dengan maksud tertentu. Oleh karena itu, buatlah citra yang positif, tunjukkan potensi dan kemampuan yang Anda miliki. Biasanya atasan berharap adanya ide-ide segar dari orang baru. Akan tetapi jangan bersikap sok pintar dari atasan. Gunakan cara penyampaian yang baik.

4. Ramah
Buatlah kesan yang positif dengan bersikap ramah. Bangun pertemanan dengan rekan satu departemen, atasan, juga bawahan. Perkenalkan diri dengan hangat, paling tidak disertai senyuman tulus. Anda juga bisa menjalin pertemanan di luar kantor, misalnya sambil makan siang bersama. Bersikap ramah dan friendly sangat berguna di masa depan, karena Anda pasti akan butuh bantuan mereka kelak.

5. Berpikiran terbuka
Miliki keterbukaan pikiran, jangan pernah malas menimba ilmu baru dari orang-orang yang terkait dengan kelancaran pekerjaan baru Anda. Jangan hanya mampu bekerja sendiri, tapi juga bekerja dalam kelompok. Termasuk juga terbuka pada kritik dan masukan yang membangun.


AN

No comments: